Perancangan Strategi Kreatif Re-Branding Unitary Official di Kendal

Authors

  • Suparti Universitas Selamat Sri
  • Anik Rahmawati Universitas Selamat Sri
  • Fanchas Ash Shiddiq Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.51792/hwn40p19

Keywords:

Strategi Kreatif, Re-Branding, Unitary official

Abstract

Branding melibatkan aspek merek yang terlihat, seperti nama, logo, dan karakteristik visualnya, serta citra, kredibilitas,
karakter, dan persepsinya di benak konsumen. Sebaliknya, rebranding menyegarkan, memperbaiki, atau mengulang citra
merek setelah sekian lama, selama merger atau akuisisi, atau ketika mendukung arah strategis baru. Unitary Official
merupakan sebuah usaha jasa di Kabupaten Kendal yang menyediakan jasa fotografi dan videografi untuk acara. Meski
didirikan pada tahun 2020, namun kurang dikenal di luar Kabupaten Kendal bagian tengah karena lemahnya visual
branding dan kurangnya pemasaran. Dengan melihat berbagai fenomena terkait dengan fotografi dan videografi, penulis
mencoba membuat rancangan desain re-branding untuk Unitary Official, sehingga keberadaan Unitary Official lebih
diketahui masyarakat luas, khusunya masyarakat di Kabupaten Kendal, dengan batasan masalah pada aspek strategi kreatif
re-branding Unitary Official menggunakan media untuk mendukung kegiatan re-branding Unitary Official dengan bidang
akademik Desain Komunikasi Visual. Perancangan dilakukan tetap dalam ruang lingkup strategi re-randing yang berupa
brand expression dan brand communication. Penerapan desain re-randing akan dibatasi secara geografis di Kendal, karena di Kendal nama dari Unitary Official belum begitu dikenal. Observasi merupakan salah satu metode pengumpulan data yang
digunakan peneliti unruk menggali berbagai data lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan software aplikasi desain
Coreldraw X7, proses data yang digunakan adalah analisis SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Perancangan Strategi Kreatif Re-Branding Unitary Official di Kendal. (2024). Jurnal Teknik Informatika Dan Desain Komunikasi Visual, 3(2), 187-209. https://doi.org/10.51792/hwn40p19