Rebranding Desain Kemasan Tombo Coffee untuk Meningkatkan Brand Awareness
DOI:
https://doi.org/10.51792/jtd.v4i2.03Keywords:
kopi robusta, kemasan produk, branding, rebranding, tombo coffeeAbstract
Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia dengan dua jenis utama, yaitu arabika dan robusta. Kopi robusta memiliki produksi yang lebih tinggi dan banyak dikembangkan di wilayah-wilayah potensial seperti Desa Tombo, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Desa ini menghasilkan kopi robusta yang khas dan menjadi komoditas unggulan yang diolah oleh pelaku usaha lokal, salah satunya Tombo Coffee. Usaha ini tidak hanya menyajikan minuman kopi seduh, tetapi juga memasarkan bubuk kopi kemasan. Namun, di tengah persaingan pasar kopi yang semakin ketat, Tombo Coffee menghadapi tantangan dalam memperkuat daya tarik produknya karena desain kemasan yang masih sederhana, yaitu menggunakan standing pouch dengan label stiker. Kondisi ini mengurangi nilai estetika dan daya saing produk di pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis branding kemasan Tombo Coffee sebelum dan sesudah dilakukan rebranding. Strategi desain kemasan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan daya tarik visual, memperkuat identitas merek, dan mendorong peningkatan brand awareness konsumen terhadap produk kopi lokal tersebut.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.