Estetika Visual dalam Buku Ilustrasi Anak: Studi pada Karya Teman Baru di Taman Kota
DOI:
https://doi.org/10.51792/2m4xwj92Keywords:
Estetika Visual, Ilustrasi Anak, Desain Komunikasi Visual, Empati, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan estetika visual dalam buku ilustrasi anak berjudul Teman Baru di Taman Kota, sebuah karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) yang dirancang untuk anak usia 5–6 tahun. Fokus utama diarahkan pada bagaimana elemen visual seperti warna, bentuk, ekspresi tokoh, dan komposisi mendukung tujuan edukatif dan pengembangan empati anak. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis visual dan studi literatur psikologi perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan warna pastel, ilustrasi sederhana namun ekspresif, serta narasi visual yang menekankan interaksi sosial berhasil menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan sekaligus edukatif. Visualisasi yang selaras dengan tahap perkembangan kognitif anak usia dini mampu memperkuat pemahaman emosi dan nilai sosial, serta menjadi media pembelajaran karakter yang efektif. Temuan ini menegaskan bahwa desain ilustrasi buku anak bukan hanya soal estetika, tetapi juga memainkan peran penting dalam pendidikan nilai dan pembentukan empati sejak usia dini.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.