Konsumerisme Sebagai Motivasi Konsumen dalam Iklan Gopay Versi #SemuaJadiBisa
DOI:
https://doi.org/10.51792/jtd.v1i1.11Keywords:
advertising, motivation, comsumerism, relevanceAbstract
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan teori relevansi sebagai model untuk menganalisis komunikasi visual serta multimodal dalam iklan Gopay versi #SemuaJadiBisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsumerisme implisit yang tertanam dalam iklan dengan tema motivasi. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa produk terlibat dalam memicu perilaku konsumtif. Iklan membingkai pemaknaan motivasi agar relevan dengan nilai konsumsi yang berlebihan sebagai alat pemenuhan gaya hidup dan kebutuhan sosial. Oleh karena itu, pemaknaan dari tema motivasi yang diusung oleh iklan, secara negatif merepresentasikan kesenjangan dalam kelas sosial dan meningkatkan kemiskinan.
Kata Kunci: Iklan, Motivasi, Konsumerisme, Relevansi
Abstract
This research is a study that uses relevance theory as a model for analyzing visual and multimodal communication in the #SemuaJadiBisa version of Gopay advertising. The aim of the study was to explore implicit consumerism embedded in advertising with motivational themes. The results of this analysis show that the product is involved in triggering consumptive behavior. Advertising frames the meaning of motivation to be relevant to the value of excessive consumption as a means of fulfilling lifestyle and social needs. Therefore, the meaning of the theme of motivation carried by advertising, negatively represents inequalities in social class and increases poverty.
Downloads
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


