Rebranding Desain Kemasan Produk Olahan Permen Jahe “Cap Tebu” Khas Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.51792/1kmw5385Keywords:
desain kemasan, rebranding, permen jahe, UMKM, home industry, standing pouchAbstract
Permen Jahe “Cap Tebu” merupakan salah satu produk olahan makanan khas Pekalongan yang terbuat dari bahan dasar jahe, gula, tepung kanji, wijen, dan kelapa iris. Permen Jahe “Cap Tebu” masuk pada usaha home industry yang tergabung pada kelompok UMKM Kabupaten Pekalongan. Tuntutan berbagai inovasi dalam pengembangan produk serta strategi digital pada produk UMKM saat ini yang semakin berkembang, mengharuskan pelaku usaha permen jahe melakukan suatu perancangan strategi agar mampu meraih pangsa pasar yang lebih luas. Untuk meningkatkan eksistensi tersebut, maka diperlukannya sebuah rebranding produk olahan permen jahe “Cap Tebu” melalui perancangan desain kemasan yang modern. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang menggunakan pendekatan Analisis USP (Unique Selling Proposition), Analisis SWOT, dan Analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian ini berupa desain kemasan produk olahan permen jahe “Cap Tebu” yang berbentuk Standing Pouch dan menggunakan ziplock. Harapannya melalui penelitian ini, produk olahan permen jahe “Cap Tebu” dapat bersaing dengan kompetitor serta mampu meraih pangsa pasar yang lebih luas melalui strategi pasar digital.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.