Perancangan Buku Ilustrasi Bahaya Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia 4-6 Tahun
Abstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini sudah mempengaruhi segala aspek kehidupan, baik dari segi ekonomi, kebudayaan, politik, bahkan pada dunia pendidikan. Hal tersebut tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif terutama pada perkembangan anak. Saat ini yang menjadi salah satu ploblematika akibat perkembangan teknologi adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak khusunya pada usia 4-6 tahun. Untuk itu diperlukannya upaya untuk pencegahan penggunaan gadget secara berlebihan. Ada banyak cara untuk mensikapi masalah tersebut salah satunya adalah melalui buku. Buku yang tepat digunakan sebagai salah satu media pengganti bagi anak yang kecanduan gadget adalah buku ilustrasi. Dimana buku ilustrasi ini merupakan buku yang dilengkapi dengan gambar yang cocok untuk memberikan edukasi terhadap anak. Namun, permasalahannya saat ini adalah masih kurangnya buku ilustrasi untuk edukasi anak terutama yang berkaitan dengan bahaya penggunaan gadget. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk merancang buku ilustrasi bahaya penggunaan gadget untuk anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sedangkan metode perancangannya menggunakan design thingking. Tahap analisis yang digunakan adalah SWOT dan 5W+1H. Hasil perancangannya berupa buku ilustrasi yang berjudul “Anya dan Layar Sihir”.Downloads
Download data is not yet available.
References
Downloads
Published
2024-01-31
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
Perancangan Buku Ilustrasi Bahaya Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. (2024). Jurnal Teknik Informatika Dan Desain Komunikasi Visual, 3(1), 10-20. https://jtd.uniss.ac.id/index.php/journals/article/view/69


